Kamis, 28 Januari 2010

Sopir Bus SMS-an Diancam Denda Rp 27 Juta

Washington - Para pengemudi truk dan bus di Amerika Serikat kini tak bisa lagi sembarangan mengutak-atik ponsel kala berkendara. Departemen Transportasi AS mengumumkan secara resmi larangan berkirim SMS sambil mengemudi bagi mereka.

Dikutip dari InformationWeek, Rabu (27/1/2010), larangan ini berlaku secara nasional di seluruh Negeri Paman Sam itu. Bagi yang kedapatan melanggar, bakal dikenai denda besar, sampai sejumlah US$ 2.750 atau sekitar Rp 27 juta.

"Kami ingin para pengemudi truk dan bus selamat. Peraturan ini adalah langkah keamanan penting untuk meminimalisir bahaya pengemudi yang kurang konsentrasi," ujar Menteri Tranportasi AS, Ray LaHood.

Tujuan ditegakkannya peraturan ini tentu saja demi memastikan pengendara bus dan truk benar-benar fokus mengemudi di jalan. Sebab sudah banyak kecelakaan terjadi karena pengemudi terganggu konsentrasinya karena sibuk SMS-an.

Menurut lembaga Federal Motor Carrier Safety Administration (FCMA), pengemudi yang senang berkirim SMS berisiko kecelakaan 20 kali lipat ketimbang mereka yang tidak.

Mungkin bisa diterapkan di indonesia tidak y???? :)

0 comments:

Posting Komentar

komentar anda sangat kami harapkan :